Asep Riweuh!

Asep Riweuh, MC Bodor

Pemidangan domba Tangkas Garut sudah mentradisi di masyarakat Jawa Barat, sebagai bagian dari tradisi kuno yang sampai sekarang terus bertahan bahkan terus berkembang. Di setiap daerah memiliki tempat pemidangan yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat dan kemudian belakangan oleh HPDKI. Di tempat ini terjadi pertemuan antara hobiis dan peternak, sehingga menjadi tempat transaksi bisnis yang menjadi bagian penting dari roda perekonomian pedesaan.

Di daerah Leles, Garut, Jawa Barat, salah satu sentra domba tangkas unggul di Jawa Barat, tempat pemidangan berada di Kampung Ciburial, dinamai “Balarea” dengan jadwal etiap dua minggu sekali. Lokasinya sangat teduh di bawah rimbun rumpun pohon bambu, dengan tanah berpasir halus sehingga cocok untuk arena lomba. Sebelum menetap di Ciburial, lokasi pemidangan berpindah-pindanh sejak tahun 1975. Dalam setiap pemidangan, yang diadakan hari Minggu setiap dua minggu sekali, rata-rata ada 160 domba yang bertarung, yang berasal dari berbagai daerah di Garut dan Jawa Barat lainnya. Ada sejumlah tokoh peternak yang ikut menyemarakan kegiatan “Balarea”, antara lain Haji Enceng, Iyan, Haji Nugraha, Acep Rungkun, Haji Adin, Pak Ruhiyat, Pak Emid dan banyak lagi tokoh lainnya.

Suasana pemidangan dimeriahkan oleh iringan lagu-lagu Sunda, kadang domba tertentu diriingi lagu berdasarkan pesanan pemilik domba. Dan jangan dilupakan peran seorang MC yang selain berperan sebagai pengatur seluruh acara juga menghidupkan suasana pemidangan dengan guyonan-guyonan lucu dan segar. Salah satu MC yang cukup terkenal adalah Asep Mamat (40), yang di komunitas domba tangkas lebih dikenal sebagai Asep Riweuh. Dalang Asep Sunandar Sunarya pernah memuji kepiawaian Asep Riweuh dalam menghidupkan suasana pemidangan, yang ketika membanyol diibaratkan seperti si Cepot, tokoh kocak wayang golek.

Asep Riweuh sehari-hari beternak domba, pintar bergaul dan mengetahui sejarah silsilah domba Jawara yang ada di Leles sehingga acap diminta bantuan oleh hobiis dalam memilih domba berkualitas. Keturunan domba yang sering dicari adalah keturunan Si Jagat, Si Naga, Si Kansas, Si Paris, Si Cantik, Si Cincin, Si Bangkit, Si Aktor dan banyak lagi lainnya

About Agamfat

an accountant-consultant, with great interests in auditing, taxation, corporate governance, CSR and business ethics. Publish op-eds regularly at Indonesian newspapers
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s