DILARANG PERKAWINAN SEDARAH (INBREEDING)

DILARANG PERKAWINAN SEDARAH (INBREEDING)

Ternak domba rakyat pada umunya dikelola secara tradisional, dalam sekala kecil (1-10 ekor) sebagai usaha sampingan keluarga. Meskipun ternak domba sudah mentradisi di masyarakat pedesaan terutama di Jawa, tapi masih banyak peternak yang tidak memperhatikan kualitas genetis ternaknya. Indukan domba (baik jantan atau betina) tidak memiliki catatan silsilah asal-usul keturunannya, sehingga acap kali terjadi perkawinan sedarah (inbreeding) yang SANGAT DILARANG karena dapat menurunkan kualitas genetis domba, antara lain: mudah sakit, berat dan ukuran badan mengecil, kemampuan beranak dll.

Apalagi untuk domba tangkas, perkawinan sedarah menyebabkan memiliki mental yang lemah saat bertarung dengan musuh. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan petani dan penyuluhan dari Dinas Peternakan, juga tidak cukup modal untuk membeli pejantan baru.

Karena itu, perlu dilakukan pencatatan setiap perkawinan dan anakannya. Pencatatan sederhana: nomor domba betina/jantan/tanggal perkawinan/tanggal kelahiran/jumlah anak jantan dan betina/jumah mati/sapih.

Setiap eskor domba harus diberi identitas atau barcode, bisa pakai teknologi komputer, atau labeling yang sederhana pakai potongan paralon dan catatannya menggunakan spidol khusus untuk tag ternak (tahan lama). Karena domba Garut tidak berdaun kuping maka cara yang paling mudah dikalungkan pada bagian leher dengan menggunakan tambang pelastik kecil.

Ada baiknya pencatatan anakan waktu lahir ditambahkan ukuran panjang, berat badan dan tinggi punggung, warna bulu dll. Supaya pertumbuhannya bisa dianalisa.

Cibinong, 3 Maret 2011

About Agamfat

an accountant-consultant, with great interests in auditing, taxation, corporate governance, CSR and business ethics. Publish op-eds regularly at Indonesian newspapers
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s